Sabtu, 22 April 2017

Cara Instal Dan Membuat Partisi Baru Windows 7

SeputarKomputer.com - Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara Instal Windows 7 Dengan CD Beserta Gambar Bagi Pemula kali ini saya mau membagikan bagaimana cara instalasi laptop atau komputer yang masih baru khususnya OS windows 7 secara lengkap disertai gambar agar mempermudah sobat untuk mempraktekannya.

Cara instal di laptop dan komputer atau di hardisk yang masih baru tentu berbeda dengan cara penginstalan di laptop atau komputer lama, karena di laptop lama tentu sudah ada data data nya sedangkan di hardisk yang masih baru kondisi masih kosong, belum ada operating system ( OS )

Sebenarnya untuk proses instalasi nya sama saja di laptop lama maupun baru, nah kalau prosesnya sama saja berarti perbedaannya dimana ? perbedaan nya hanya di bagian partisi harddisk nya saja, jika di laptop atau komputer lama kita tanpa menghapus atau memformat data data lama kita, karena kita tidak ingin data data kita hilang bukan ? tapi di harddisk yang masih kosong / baru kita melakukan format secara total untuk membikin partisi yang baru untuk di jadikan tempat menyimpan data kita nantinya.


Oke kita lanjut ya sob...

Seperti biasanya sebelum kita melakukan proses instalasi windows 7 alangkah baiknya sobat sediakan dulu windowsnya, bisa berupa DVD windows 7 atau Flashdisk yang sudah di program atau disetting sebagai media instalasi windows 7.

Kali ini kita akan belajar instalasi windows 7 menggunakan CD / DVD pada laptop atau komputer yang masih baru / harddisk yang masih kosong, hardisk yang masih kosong disini bisa laptop / komputer yang baru, bisa juga kita habis melakukan penggantian part hardisk baru pada laptop / komputer kita,

Mari kita ikuti langkah langkahnya :

Setting Bios.

  • Nyalakan komputer atau laptop sobat, ikuti dengan segera menekan tombol F2 atau DEL. Tekan beberapa kali tombol tersebut di keyboard sampai masuk menu bios, paling umum digunakan DEL, F1, F2, atau FN + F2 ( Kebanyakan jika laptop F2 jika komputer DEL atau F1 tergantung manufaktur dari laptop atau motherboard sobat )
  • Jika berhasil sobat akan masuk menu Bios yang tampilannya kurang lebih seperti ini :Setelah tampil menu BIOS seperti gambar di atas arahkan ke tab BOOT dengan menggunakan tombol keyboard ◄ ►
  • Sobat akan mendapati banyak pilihan, karena kita akan instalasi pakai media CD atau DVD maka menu posisi Cd atau DVD harus di pindah ke posisi paling atas dengan cara tekan di keyboard, yaitu tombol F5/F6 atau tergantung menu bar seperti gambar di bawah ini, di komputer bisa jadi +/-
  • Ini gambar jelasnya setelah posisi CD atau DVD yang sudah di pindah ke urutan teratas.

  • Berikutnya masukkan CD atau DVD windows 7 nya ke dalam  DVD ROOM, tekan F10 untuk menyimpan hasil settingan sekaligus keluar dari menu BIOS.
Catatan : Tidak semua system bios pada komputer atau laptop sama seperti gambar di atas, semua tergantung pada masing masing merk. Kemungkinan tampilan bios sobat juga tidak sama, tapi paling tidak intinya sama.

Memulai Langkah Langkah Instalasi Windows 7 :


  • Mari kita lanjutkan. Setelah kita setting bios tekan F10 lalu Enter, komputer atau laptop akan restart. Setelah komputer hidup lagi akan melakukan booting CD / DVD seperti gambar di bawah ini. Tekan ENTER untuk memulai instalasi.

  • Tab dan Pilih dan cari Indonesian ( Indonesia ) pada Time and currency format.
  •  Pilih Install now.

  • Ceklis / Centang I accept the license terms, kemudian pilih Next.
  • Selanjutnya pilih Custom ( Advanced ).
  • Setelah masuk bagian partisi arahkan kursor ke tanda merah angka 1, kemudian pilih New tanda merah angka 2 dan pilih Next angka 3.
  • Selanjutnya akan masuk bagian berikut, terdapat jumlah ukuran / size total kapasitas hardisk, hapus semua / kosongkan angka angka yang di dalam kotak merah.
  • Setelah kotak size di hapus akan kosong seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah kosong buat partisi sesuai selera sobat untuk sistem windows nya atau C, biasanya kalau saya jika hardisk 320 GB akan saya bikin partisinya 80000 atau 80 GB untuk system, sisa nya bisa di bagi 1 atau 2 partisi lagi yaitu D sama E atau D saja, disini terserah sobat mau dibikin berapa saja. Sebagai contoh size hardisk 320 GB saya bikin C nya 80000, di kotak kosong tadi saya isikan 80000 / 80 GB setelah diisi klik Apply  angka 2.
  • Setelah di  " Apply " Disk 0 Partition 1 : system reserved akan ke keluar, dan Disk 0 Partition 2 : terbaca 78.0 GB itulah system C / windows yang akan kita instal nanti.
  • Selanjutnya kita bikin partisi yang kedua atau D untuk tempat data data kita, gambar di bawah kotak merah angka 1 adalah sisa ukuran hardisk nya, Disk 0 Unallocated Space 220.0 GB, kemudian klik New kotak merah nomer 2.
  • Kotak merah angka 1 adalah sisa ukuran partisi, jika sobat ingin membuat dua partisi saja tinggal pilih Apply kotak merah nomer 2, tapi jika ingin bikin partisi lebih dari dua maka bisa di bagi lagi dan terserah sobat mau di bikin berapa ukurannya, cara membagi lagi cara nya sama seperti saat bikin partisi C. Kosongkan kotak silahkan di bagi lagi, setelah selesai membagi partisi silahkan klik Apply kotak merah nomer 2.
  • Setelah di Apply dan OK silahkan pilih / klik partisi 2 tanda panah nomer 1 dan klik Next tanda panah nomer 2.
  • Silahkan tunggu proses instalasi yang sedang berjalan, secara normal proses instalasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Pada waktu proses instalasi ini berlangsung komputer atau laptop akan melakukan reboot / restart beberapa kali.

  • Setelah itu akan proses restart.
  • Jangan tekan apapun di keyboard saat melakukan booting lagi, karena jika di tekan tombol keyboad sobat akan melakukan instal dari awal lagi. Jadi abaikan saja.

  • Setelah restart beberapa kali, selanjutnya akan ada pilihan di bawah ini, masukkan nama pengguna / user name. Silahkan sobat isi USER, PERSONAL, atau nama sobat, atau apa saja kemudian klik Next.


  • Sobat bisa mengisi password atau bisa juga dengan mengosongkannya saja. Lanjut klik Next


  • Masukkan product key windows 7 nya, tetapi jika tidak mempunyai product key silahkan sobat lewati bagian ini dengan mengosongkannya saja dan klik Next. Tetapi sobat hanya bisa memakai windows trial selama 30 hari saja.


  • Di bagian Set Up Windows silahkan sobat pilih Ask me later


  • Untuk bagian ini sobat pilih ( UTC + 07.00 ) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Cek tanggal, bulan, dan jam nya terus klik Next.


  • Proses instalasi windows sudah selesai...

 

Catatan :

Ini hanya instal windows nya aja ya sob, setelah selesai OS nya sobat masih harus instal driver nya seperti VGA, Wifi, Lan, Dll. Dengan cara pakai CD bawaan dari laptop atau menggunakan software otomatis untuk instal driver, atau bisa juga dengan cara download di Internet.

Karena ini masih OS ( Operating System ) saja sobat juga masih harus menginstal software software pendukug lainnya yang sobat butuhkan tentunya.

Demikian tutorial Cara Instal Dan Membuat Partisi Baru Windows 7 , semoga bisa membantu sobat yang sedang belajar instal atau sekedar untuk pengetahuan sobat. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cara Instal Windows 7 Dengan CD Beserta Gambar Bagi Pemula


EmoticonEmoticon