Minggu, 23 April 2017

Cara Membuat Bootable Flasdisk Untuk Instal Windows

SeputarKomputer.com - Karena sekarang ini banyak laptop yang tidak menggunakan dvd room maka untuk instal kita bisa menggunakan media flashdisk dan ini adalah cara yang paling tepat, disamping lebih simpel proses instalasi juga bisa lebih cepat dengan mengunakan media flashdisk ini.

Ada banyak alasan mengapa  instal pakai flashdisk, karena perangkat dvd room nya rusak atau cd / dvd windows nya yang rusak, laptop yang memang tidak ada dvd nya terutama netbook yang berukuran 10 atau 11'6 inci, netbook kecil ini hampir semua tanpa dvd room, itulah tujuan kita membuat bootable ini untuk menggantikan kaset cd / dvd sebagai media instalasinya.

Untuk membuat bootable flashdisk ini ada beberapa tahap dan cara serta persiapan persiapan lain tentunya. Biasanya saya menggunakan software Rufus, kenapa saya menggunakan software ini ? karena Rufus simple penggunaannya mudah dan software nya juga berukuran kecil.

Oke kita mulai saja bagaimana cara agar flashdisk kita agar bisa di gunakan untuk media instalasi windows,  Rufus bisa di gunakan untuk windows Xp, Vista, ,7, 8, 8.1 dan windows 10.

Persiapan :

  • Siapkan flashdisk kosong ukuran minimal 4 GB atau 8 GB, sebenernya berapa ukuran flashdisk tergantung jenis system operasi yang akan kita gunakan.
  • Siapkan software Rufus, jika belum punya bisa di Download DISINI.
  • File windows berformat ISO.
Langkah langkah nya :

Format Flashdisk FAT32 (Default)

  • Colokkan flashdisk sobat, buka explorer setelah terbaca klik kanan pilih format.
  • Lihat keterangan gambar di bawah, nomer 1 keterangan kapasitas flashdisk yang mau di buat format, nomer 2 pilih FAT32 (Default) nomer 3 Start untuk memulai format.
cara membuat bootable flashdisk
  • Setelah Start akan ada peringatan WARNING, silahkan pilih OK.
cara membuat bootable flashdisk
  • Tungu sampai proses format selesai.

Membuat Bootable Dengan Rufus :

  1. Buka dan jalankan software Rufus yang sudah di download tadi, nomer 1 flashdisk yang akan di gunakan sebagai bootable, nomer 2 pilih NTFS, nomer 3 untuk membuka file iso yang akan di buat.
    cara membuat bootable flashdisk
  2. Setelah di klik nomer 3 gambar di atas akan keluar pilihan menu explorer, cari file windows format ISO dimana sobat menyimpan, setelah ketemu pilih file yang akan di buat dan pilih Open, lihat gambar di bawah.
    cara membuat bootable flashdisk
  3. Setelah klik file di pilih klik Start.
    cara membuat bootable flashdisk
  4. Selanjutnya akan muncul WARNING, silahkan klik OK.
    cara membuat bootable flashdisk
  5. Setelah klik OK silahkan tunggu proses sampai selesai, proses agak lama tergantung besar kecil ukuran file yang di buat, windows 7 sekitar 20 menit.
    cara membuat bootable flashdisk
  6. Setelah selesai akan seperti gambar di bawah, silahkan keluar saja klik tombol Close.
    cara membuat bootable flashdisk

Buka flashdisk sobat, kira kira isi nya seperti gambar di bawah, bootable flashdisk sudah bisa di gunakan.
cara membuat bootable flashdisk
Untuk instal menggunakan flashdisk Setting BIOS berbeda dengan menggunakan CD, jika menggunakan CD posisi paling atas adalah CD tapi jika menggunakan flashdisk maka posisi flashdisk yang di tempatkan paling atas.

cara membuat bootable flashdisk

Untuk sobat yang belum tau cara masuk dan setting BIOS bisa baca Cara Instal Windows 7 Dengan CD Beserta Gambar Bagi Pemula atau Cara Instal Dan Membuat Partisi Baru Windows 7

Demikian tutorial tentang Cara Membuat Bootable Flasdisk Untuk Instal Windows, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon