Berbagai Masalah Umum Komputer Dan Solusinya

Berbagai Masalah Umum Komputer Dan Solusinya

Berbagai Masalah Umum Komputer Dan Solusinya, Kalian Jangan Cepat Untuk Panik!

Komputer pada saat ini telah menjadi kebutuhan setiap orang. Tentu saja dalam penggunanya kamu akan mengalami berbagai masalah umum komputer dan solusinya.

Berbagai permasalahan tersebut merupakan sebuah masalah umum yang tidak hanya akan dirasakan oleh kalian saja, tetapi akan dirasakan oleh orang lain. Namun, setiap permasalahan yang sederhana itu akan sangatlah menyebalkan sehingga bisa membuat kalian menjadi memiliki mood yang sangat jelek.

Berikut ini merupakan daftar dari permasalahan umum komputer yang dapat terjadi kapan saja, dan cara untuk mengatasinya sebagai berikut ini.

1. Blue Screen (Layar Biru)

Ini merupakan kasus yang dimana Microsoft Windows tiba-tiba berhenti bekerja. Namun pada umumnya kasus ini akan menunjukan adanya sebuah permasalahan yang cukup serius yang ada pada PC ataupun laptop yang sedang kalian gunakan.

Tidak tau itu datang dari hardware atau bisa juga dari software nya sendiri. Umumnya juga akan ada sebuah kode error yang dapat menunjukan permasalahan yang sedang terjadi.

Terus bagaimana cara untuk mengatasinya? Cara yang paling mudah untuk dilakukan pastinya dengan restart, akan tetapi cara tersebut tidak akan menyelesaikan masalahnya. Lebih baik kalian menulis ulang kode-kode error tersebut dan mencarinya melalui Google.

2. DLL Error atau Missing DLL

Ini merupakan kasus yang dimana komputer kalian memiliki data yang korup. Pada kasus ini akan menyebakan kalian tidak akan bisa untuk menjalankan atau melakukan pengoperasian pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Namun terdapat juga aplikasi yang akan tetap bisa untuk dijalankan walaupun akan ada tampilan  yang tertulis adanya DDL yang hilang.

Terus kita harus bagaimana untuk mengatasinya? Cara terbaiknya adalah dengan menggunakan fitur dari system file checker dengan kalian melakukan scan melalui system file checker. Maka kamu akan mengetahui apa saja yang hilang serta dengan fitur tersebut akan diganti atau akan diperbaiki.

3. Aplikasi Berjalan Dengan Sangat Lambat

Ada banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi aplikasi yang bekerja menjadi sangat lambat, namun ha. yang paling umum adalah karena komputer yang sedang anda gunakan tidak kuat untuk mengolah kekuatan dan memory.

Hal ini biasanya dikarenakan kalian memiliki  RAM yang kecil, hard Drive yang sudah penuh, ataupun aplikasi yang cukup berat seperti Google Chrome.

Kita harus bagaimana untuk mengatasinya? Yang paling utama adalah kalian harus tahu penyebab masalahnya itu sendiri. Apakah itu dikarenakan masalah pada RAM yang kecil maupun yang lainnya.

Jika memang bermasalah pada RAM maka yang perlu kalian lakukan adalah mencari RAM yang lebih baik dari pada yang sedang kalian gunakan saat ini. Bila itu memang masalah dari aplikasi yang berat, maka yang harus kalian lakukan adalah membuka Windows Task Manager dengan menekan CTRL+ALT+DELETE.

Kalian hanya tinggal cek tabulasi processes, lalu matikanlah aplikasi yang menurut kalian terlalu berat pada komputer dengan cara klik kanan aplikasi tersebut dan pilih end processes.

4. Malware

 

Malware  sendiri hampir sama seperti Virus, akan tetapi ini akan lebih berbahaya. Malware ini dapat melukai maupun menghentikan proses komputer beserta dengan sistem-sistem dari komputer itu sendiri.

Virus itu bisa datang dikarenakan kalian melakukan install ataupun mengunduh file dari sebuah website yang telah dimasukan Malware ini sendiri.

Terus cara untuk mengatasi Virus Malware ini bagaimana? Cara paling gampang adalah menggunakan malware tool dan rajin untuk mengupdatenya. Ada hal yang perlu kalian ketahui juga bahwa malware tool ini sangat berbeda dengan virus software, jadi kalian perlu untuk menginstal keduanya.

5. Isu Koneksu ataupun Internet

Banyak hal yang dapat menyebabkan permasalahan ini. Bisa saja dari provider, atau ISP maupun Hardware, bisa juga dari DNS kalian itu sendiri.

Cara untuk mengatasinya? Ada kalanya kalian cukup mengulang komputer kalian, masalah tersebut akan langsung beres. Kalian bisa menggunakan Windows network diagnostic tool agar bisa mengecek masalah lokal yang terjadi.

6. Hard Drive Failure

Kadang Kala akan ada permasalahan dimana hard drive yang tidak bisa terbaca oleh sistem. Pada umumnya dikarenakan umur dari hard drive yang memang sudah seharusnya untuk diganti.

Kabar baiknya adalah hard drive sendiri sangatlah mudah untuk diganti. Namun kabar buruknya, data kamu yang ada didalam hard drive akan hilang pada saat diganti.

Cara untuk mengatasinya? Satu-satunya cara adalah kalian harus terus menerus untuk melakukan backup data kalian. Backup data bisa kalian lakukan secara reguler setiap satu minggu sekali ataupun sebulan sekali. Jangan sampai kalian lupa umtuk melakukan backup dikarenakan tidak ada yang tahu kapan hard drive kalian akan mati ataupun rusak.

7. Layar Beku (Freeze)

Mungkin dari kalian sering mengalami kejadian ini. layar kalian tiba-tiba saja beku atau freeze sehingga tidak ada yang bisa kalian lakukan untuk mengoperasikan komputernya. Penyebab dari masalah itu biasanya dikarenakan hardware ataupun software kalian ada masalah.

Bagaimana cara untuk mengatasi: Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan Windows task manager jika komputer masih bisa merespon. Tetapi apabila komputer kalian benar-benar sudah tidak bis adiapa-apakan, maka perlu kalian lakukan hard reset.

Itulah tadi beberapa permasalahan umum yang akan kalian hadapi. Namun kalian juga harus santai saja karena kalian pastinya akan menemui masalah ini pada kalian dan karena sudah membaca artikel ini, tentu saja kalian sudah tahu bagaimana solusi untuk dapat mengatasinya.

 

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.