Flashdisk Tidak Mau Terbaca Di PC/Laptop

Flashdisk Tidak Mau Terbaca Di PC/Laptop

Flashdisk Tidak Mau Terbaca Di PC/Laptop, Inilah Faktor dan Cara Untuk Memperbaikinya

Kalian pernah mengalami masalah Flashdisk Tidak Mau Terbaca Di PC/Laptop? Namun ada beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara untuk memperbaikinya.

Masalah seperti ini pastinya sudah sering kalian alami, terutama bagi kalian yang masih pelajar ataupun mahasiswa.

Masalah flashdisk tidak bisa terbaca oleh komputer maupun laptop sering sekali menjadi hal yang paling ditakutkan. Terus bagaimana cara kita untuk mengatasi permasalahan itu?

Pada artikel kali ini, kami tidak hanya akan memberikan cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca saja. Namun kami juga akan memberikan apa faktor yang menyebabkan flashdisk tidak bisa terbaca.

Beberapa Faktor Penyebab Flashdisk Tidak Bisa Terbaca Oleh PC atau Laptop

Sebelum kita membahas cara untuk mengatasinya, ada baiknya kalian tahu apa penyebab dari flashdisk yang tidak mau terbaca atau tidak bisa terdeteksi.

Setiap masalah yang telah menyebabkan kerusakan flashdisk pasti akan memiliki cara tersendiri untuk di tanggani.

Mulai dari permasalahan pada fisik, serangan dari virus dan malware, maupun yang berhubungan dengan software akan kami ulas secara lengkap dibawah ini.

1. Port USB atau Konektor Flashdisk Terlalu Kotor

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca 82f17

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah mengecek kondisi fisik pada port USB di PC atau laptop dan tentu juga konektor pada USB kalian.

Jika kalian selalu meletakan PC, laptop ataupun flashdisk yang berada di tempat kotor, maka sudah dipastikan jika port USB kalian akan kemasukan debu.

Debu yang menutupi konektor kemungkinan besar akan sangat berpengaruh dari kinerja flashdisk dan membuatnya akan sulit untuk terdeteksi.

2. Memiliki Masalah Driver USB

Faktor penyebab lain bisa juga karena diver USB pada PC atau laptop kalian bermasalah, contohnya pada saat kalian sudah memasang USB namun tidak terbaca oleh PC atau laptop kalian.

Kamu juga dapat mengecek driver USB dengan melalui Device Manager dan memilih opsi Universal Serial Bus Controller yang ada didalamnya.

3. Virus dan Malware

Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi 5a172

Selain dari masalah pada fisik, rusaknya flashdisk yang sedang kamu miliki juga dapat menjadi penyebab yang dikarenan terkena serangan virus dan malware.

Tentu saja hal ini dapat dipicu oleh penggunaan flashdisk yang sangat sering disambungkan pada sembarang PC atau laptop secara bergantian.

4. Perangkat Flashdisk Palsu

Permasalahan flashdisk tidak bisa terbaca maupun terdeteksi ini diakibatkan karena kalian menggunakan perangkat flashdisk yang palsu.

Pada kasus ini kalian haruslah lebih teliti dalam memilih suatu flashdisk yang memiliki kualitas tinggi. Jangan mudah terpercapa dengan harga yang murah dan dari brand flashdisk terkenal.

Pada umumnya flashdisk palu bisa kalian hanya beberapa kali saja, setelah itu flashdisk tersebut sudah tidak bisa kalian gunakan lagi.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Mau Terbaca Di PC/Laptop

Setelah kalian mengetahui faktor yang menyebabkan flashdisk rusak, sekarang kamu bakal mengetahui bagaimana cara memperbaikinya sesuai yang kami sarankan.

Disini kamu akan mengatasi dari cara paling mudah hingga perlu penanganan ekstra. Sudah siapkah kamu untuk mengikutinya?

Cara 1 – Bersihkan Port USB dan Konektor Flashdisk

Cara Perbaiki Flashdisk Tidak Terbaca 6c614

Seperti pada ulasan sebelumnya, kemungkinan terbesar flashdisk tidak terbaca karena kotor atau kemasukan debu.

Untuk permasalahan seperti ini, ada beberapa langkah mudah yang kami rekomendasikan untuk kamu lakukan terlebih dulu, di antaranya:

  • Bersihkan port USB dan konektor USB dengan menggunakan kuas pembersih untuk mengangkat partikel debu yang menutupi.
  • Bersihkan lempengan kuningan pada flashdisk dengan menggunakan karet penghapus (apabila konektor USB adalah yang bertipe terbuka).
  • Kemudian coba hubungkan flashdisk di PC/laptop lain. Di sini untuk menguji, apakah flashdisk yang rusak atau malah PC/laptop yang bermasalah.

Cara 2 – Pindai dengan Software Antivirus

Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca 08cf4

Jika permasalahan flashdisk tidak terbaca karena virus atau serangan malware, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pemindaian dengan software antivirus.

Misalnya saja kamu bisa menghapus virus shorcut di flashdisk dengan menggunakan metode yang pernah kami jabarkan sebelumnya.

Cara 3 – Install Ulang Driver USB

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah memeriksa dan melakukan install ulang pada driver USB yang digunakan.

Untuk install ulang driver USB pada PC atau laptop, kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah sebagai berikut:

Langkah 1 – Buka Pengaturan Device Manager

  • Pertama kali hubungkan terlebih dulu flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop.
  • Selanjutnya kamu tinggal klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah layar dan pilih opsi Device Manager.
  • Tunggu hingga jendela Device Manager terbuka seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 2 – Pilihlah Opsi Mass Storage Device

  • Pada jendela Device Manager, cari opsi Universal Serial Bus controllers.
  • Buka menu dropdown dan cari perangkat bernama USB Mass Storage Device yang akan diberi tanda peringatan kuning apabila mengalami error.

Langkah 3 – Uninstall Driver USB

  • Pada USB Mass Storage Device kamu tinggal klik kanan dan pilih opsi Uninstall Device. Jika muncul pop-up peringatan, kamu tinggal klik Uninstall saja.
  • Setelah proses selesai, kamu bisa mencabut dan mencolok kembali flashdisk untuk segera digunakan. Kamu juga bisa me-restart PC atau laptop terlebih dulu.

Cara 4 – Menggunakan Command Prompt (CMD)

Walau sudah terbilang jadul, namun cara mengetahui flashdisk tidak terbaca dengan CMD alias Command Prompt ternyata masih sangat manjur, loh.

Dengan sejumlah perintah, kamu bisa mengetahui kondisi flashdisk kamu apakah masih sehat atau sudah terdapat beberapa masalah.

Untuk cara selengkapnya, kamu bisa simak di bawah ini, ya.

Langkah 1 – Buka Command Prompt (CMD)

  • Hubungkan flashdisk pada PC atau laptop kamu dan kemudian buka Command Prompt dengan klik pada logo Windows dan ketikkan “command prompt”.
  • Pilih Command Prompt dan tunggu jendela terbuka seperti gambar di bawah.

Langkah 2 – Masukan Perintah Chkdsk

  • Kemudian kalian masukkan perintah chkdsk G: yang memiliki arti untuk melakukan pengecekan disk (check disk) pada drive G:
  • Huruf pada drive harus disesuaikan dengan apa yang ditampilkan flashdisk pada PC atau laptop kamu.

Langkah 3 – Lihat Status Flashdisk

  • Setelah memasukkan perintah tersebut kemudian tekan Enter.
  • Maka Command Prompt akan memberikan informasi detail mengenai kondisi flashdisk, seperti volume label, kapasitas, dan informasi lainnya.
  • Jika sistem telah mendeteksi ada error pada flashdisk kalian, maka kamu akan melihat hasil lebih kurang seperti dibawah ini.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi flashdisk tidak bisa terbaca maupun terdeteksi di PC atau laptop kalian. Disini kalian dapat mencoba langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas untuk memastikan flashdisk kamu memang rusak secara fisik atau tidak.

Apakah kamu memiliki solusi lainnya yang daoat dicoba? Kalian jangan ragu untuk tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.